Kamis, 07 Juli 2011

Kampung Wisata Cinangneng : Ayo Menanam Padi dan Memandikan Kerbau

http://google.com
Jika anak Anda bertanya : “Ayah, pohon nasi itu bentuknya seperti apa? Jawablah secara bijak. “Nak, pohon nasi itu namanya padi, untuk lebih jelasnya, ajaklah ia ke Kampung Cinanangneng. Anda sekeluarga akan merasakan pengalaman tak terlupakan yaitu belajar menanam padi dan memandikan kerbau di sungai. 


Untuk mencapai kampung Cinangneng, Jika Anda dari arah Jakarta, perjalanan membutuhkan waktu 3,5 jam. Lewat tol Jagorawi. Setelah keluar dari pintu tol (Bogor, Baranangsiang) ambillah jalan menuju Istana Bogor (Jl. Djuanda). Belok ke kanan di lampu merah setelah melewati gedung balaikota (Bogor), Anda akan melewati Gereja Katerdal (salah satu bangunan tua yang masih tersisa). Lurus, arahkan mobil Anda ke Dermaga, pusatkan tujuan ke kampus IPB Dermaga. Lokasinya terletak dekat Kampus IPB Dermaga, tepat di sebelah kiri jalan terdapat plang (papan nama) yang bertuliskan Desa Wisata Cinangneng. 

Di kampung wisata ini tersedia dua paket yaitu paket pulang kampung dan paket tour kampung. Paket pulang kampung adalah paket yang terlengkap. Pengunjung harus membawa baju ganti , karena di sini Anda wajib bermain kotor-kotoran. Harga paket ini per orang 100 ribu. 

Pengunjung dibagi dalam kelompok-kelompok. Satu kelompok terdiri dari 10 orang, setiap kelompok ditemani tour guide. Pengunjung diajak berkeliling kampung. Tour guide akan memperkenalkan Anda kepada berbagai industry rumahan, cara main gamelan, dan menari jaipong, yang unik adalah pengunjung diajarkan membuat wayang dari daun singkong. Wuih daun singkong selain disayur bisa dibikin wayang juga lho…terakhir, melukis topi caping (topi lebar milik Pak Tani). 

Nah, yang paling dinanti pengunjung adalah saat belajar menanam padi dan memandikan kerbau di sungai. Pengunjung diajak turun ke sawah dan menanam padi dengan teknik tandur (menanam secara mundur, kalau menanam secara maju, padinya keinjek atuh?) Setelah lelah menanam padi pengujung diajak ke sungai untuk membantu petani memandikan kerbau , jangan takut; kerbaunya sudah jinak kok. Pesan untuk kerbau yang hari ini sudah mandi tiga kali, jangan sok cakep dan menggoda kerbau ABG ya? Selamat bersenang-senang. 

1 komentar: