Senin, 06 Juni 2011

Spesialisasi Fotografi dan Non Fotografi

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, berarti gambar cahaya. Fotografi adalah melukis dengan cahaya.

Fotografi berarti metode untuk merekam gambar (foto) dari suatu obyek melalui pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut: pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.


Fotografi memiliki banyak spesialisasinya berdasarkan subyek foto yang dibuat, spesialisasi fotografi antara lain yaitu :
  • Fotografi Satwa ( segala jenis hewan)
  • Fotografi Alam (landscape/nature)
  • Fotografi Dokumentasi
  • Fotografi Jurnalistik: foto jurnalistik adalah foto yang merekam suatu berita, biasanya foto jenis ini terpasang di media cetak seperti koran atau majalah.
Non Fotografi
Non fotografi adalah suatu gambar yang cara pengambilannya tidak memerlukan cahaya/ melainkan menggunakan tenaga elektromagnetik.
Pada spesialisasi non fotografi menggunakan tenaga elektormagnetik pada gelombang mikro. Spesialisasi non fotografi meliputi :

1. Sistem Pasif
Penginderaan jauh system pasif yang menggunakan gelombang mikro disebut system gelombang mikro, contohnya : sensor.

2. Sistem Aktif
Penginderaan jauh sistem Aktif yang menggunakan tenaga pada gelombang mikro disebut penginderaan jauh sistem radar, contoh : radar.

Pilihan untuk menekuni bidang spesialisasi fotografi ada ditangan Anda, silahkan pelajari semuanya, setelah itu pilih salah satu bidang sebagai spesialisasi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar