Minggu, 22 Mei 2011

Agro Wisata Gunung Mas, Menikmati Sepotong Malam di Area Kebun Teh

Setiap hari Sabtu – Minggu kawasan Puncak Bogor selalu dipadati mobil-mobil berplat B (Jakarta). Hawa sejuk di puncak selalu dirindukan, sungguh berbeda dengan udara kota yang panas menyengat. Jika ingin menikmati sepotong malam yang sejuk , menginaplah di tengah area kebun teh.

Untuk menuju Agro Wisata Gunung Mas, butuh waktu 2 jam perjalanan via tol Jagorawi dari Jakarta. Tempat ini tepatnya berada di pertigaan setelah melewati Taman Safari Indonesia, sebelum Masjid Attawun Puncak, Bogor.

Tea walk atau mengitari hamparan area kebun dengan rute yang telah disediakan oleh pengelola merupakan rekreasi yang menyenangkan. Jarak tempuh tea walk bervariasi mulai dari 4 km, 6 km, hingga 10 km.

Pada kilometer pertama pengunjung akan melewati perkampungan penduduk yang sudah turun temurun tinggal di sana, sedikit membosankan karena pengunjung akan menemui jalanana yang berbatu. Baru pada kilometer kedua pengunjung akan memasuki hutan tropis yang tidak begitu lebat namum teduh. Puncak keindahan terasa pada kilometer ketiga , di mana pengunjung akan diantara tebing bukit, mata pengunjung akan disegarkan dengan hamparan kebun teh sejauh mata memandang.

Selain tea walk pengunjung juga dapat melakukannya dengan berkuda (tarif berkuda relatif terjangkau yaitu 25 ribu, jika ingin lebih lama: tarif berkuda satu jam Rp 60 ribu) , bersepeda, tersedia pula wisata pendidikan (mengelilingi area pabrik pembuatan minuman the kemasan), dan tersedia pula arena bermain anak-anak.

Jika ingin berlama-lama di area kebun teh ini, tersedia penginapan berupa bungalow atau pondokan. Ada 21 unit pemondokan yang bisa disewa pengunjung. Tarifnya antara 429 ribu s/d 606 ribu rupiah.

Indahnya Pagi dalam Secangkir Teh Hangat
Setelah pengunjung merasa lelah mengelilingi area perkebunana teh, mereka bisa menikmati segelas teh hangat segelas teh yang tersedia di warung-warung sekitar area perkebunan teh tersebut. Daun teh asli yang direbus dalam ceret berisi air mendidih, kini menjadi sa;ah satu minuman favorit para pengunjung, umumnya mereka menikmati teh dari teh celup, inilah indahnya pagi dalam secangkir teh hangat.

Pada hari-hari tertentu pegunjung bisa berkeliling di areal pabrik pembuatan minuman kemasan teh berkualitas , yang dipetik dari tangan-tangan cekatan puluhan ibu yang bekerja Area Gunung Mas di bawah pengelolaan PTP Nusantara VIII. Tiketnya hanya Rp 3.000 per orang. Kunjungan ini harus dilakukan secara rombongan minimal 30 orang, pengunjung akan didampingi seorang pemandu. Nah jika Anda lapar, jagung lapar bisa menjadi menu yang tepat buat menganjal perut. Disantap hangat diantara hembusan hawa dingin, sungguh menggoda selera.


View Larger Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar